Sabtu, 12 Maret 2011

Investasi..( bwat iank pny duit ajJah ) ..sedih nYa.."

Economy - Saham dan Valas


4 Alasan Kenapa Investasi Emas Menguntungkan

Rheza Andhika Pamungkas - Okezone
ilustrasi. foto: corbis
ilustrasi. foto: corbis
JAKARTA - Pemulihan ekonomi global yang berjalan lambat membuat pasar mulai beralih untuk menanamkan modalnya dari investasi yang beraset risiko tinggi seperti saham dan valas kepada investasi yang beraset risiko rendah dan cenderung aman seperti sektor komoditas.

Hal ini dikatakan CEO Bursa Berjangka Komoditi dan Derivatif Indonesia Megain Widjaja kepada wartawan disela acara Seminat PT Asia Trade Point Futures di Graha Niaga, Jakarta, Rabu (13/10/2010) malam.

"Saat ini pasar mulai berinvestasi ke sektor komoditas khususnya emas. Kenapa? karena pertama dengan berinvestasi di emas maka akan menciptakan keragaman portofolio (effective portfolio diversifier)," ujarnya.

Alasan kedua, lanjutnya, karena investasi di emas memiliki sifat melindung nilai mata uang (currency hedge). Ketiga karena emas adalah investasi yang aman di masa-masa sulit seperti saat ini (save haven in trubulence times).

"Sedangkan yang terakhir, dengan Anda berinvesatsi di emas, maka aset Anda lebih terlindungi dari gejolak inflasi (store of value against inflation)," tambahnya.

Ia melanjutkan, dan jika investor mendiversifikasi portofolio anda di sektor komoditas, maka imbal hasil yang diperolehnya lebih besar dengan risiko bangkrut yang lebih sedikit (more value, less pain).

Menurutnya, harga emas dalam jika dilihat dalam beberapa tahun terakhir memang terbilang stabil dan meningkat. "Dan menurut riset dari LBPM, sampai dengan akhir tahun ini harga emas akan sampai di USD1.450. Dan dari indikator saat ini menurut beberapa analis cenderung bullish. Dan transaksi global hariannya sekira USD20 juta," pungkasnya.(ade)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar